Ada beberapa peralatan standart selam olah raga atau rekreasi yang harus dipakai dalam kegiatan penyelaman.
1.Masker
Merupakan kaca mata penutup mata dan hidung, untuk membantu daya lihat di dalam air saat penyelaman.
2.Snorkel
Merupakan alat untuk membantu pernafasan di permukaan air.
3.Fin
Sirip yang dipasang di kaki, untuk membantu daya dorong kaki di permukaan maupun di dalam air.

Sedangkan peralatan yang digunakan untuk bagian rekreasi penyelaman yaitu :
1.Masker, Snorkel dan Fin digunakan untuk tujuan sebagaimana yang telah diuraikan di atas.
2.Tabung SCUBA
Merupakan tabung selam standart dari bahan aluminium atau baja untuk udara bertekanan hingga 200 BAR/300 Psi atau lebih, sesuai dengan kebutuhan atau ketentuannya. Kapasitas standart nominal 12 liter/80 Cuft. Dan juga merupakan suplai udara utama bagi peselam.
3.Regulator, Submersible Pressure Gauge, Depth Gauge, Extra Second Stage
Regulator : Merupakan alat pengatur aliran udara dari tabung SCUBA untuk dihirup peselam ketika bernafas. Alat ini terdiri dari dua tingkatan pengaturan tekanan udara yang dihubungkan melalui kemampuan kerja untuk menahan tekanan rendah itu.
Submersible Pressure Gauge : Pengukur tekanan tabung yang dapat dibawa ke dalam air, dalam satuan BAR atau Psi.
Depth Gauge : Pengukur kedalaman air, satuan meter atau Feet.
Extra Second Stage : Merupakan regulator (Second Stage) tambahan yang berfungsi sebagai suplai udara pengganti jika keadaan darurat. Jenis suplai pengganti adalah “Alternate Inflator REGULATOR”.
4.Bouyancy Compensator Device (BCD)
Alat penggendali daya apung yang dilengkapi dengan alat penghembus tekanan rendah (Low Pressure Inflator) untuk fungsi pengembang/menghembuskan udara dalam BCD secara mekanis maupun ditiup.
5.Alat Penghitung Waktu Selam
Seperti jam, komputer selam. Perlu diketahui juga komputer selam merupakan alat pemantau untuk menjalankan proses hitungan secara otomatis terhadap kedalaman dan waktu penyelaman (seperti tabel selam), disamping informasi – informasi lain juga dibutuhkan untuk tujuan membantu keamanan saat dan setelah penyelaman.
6.Kelengkapan peralatan lain disesuaikan dengan kebutuhan khusus aktifitas penyelaman yang dilakukan seperti :
Þ Kompas bawah air, Senter Selam, Pisau Selam, Alat isyarat keadaan darurat.
Þ Pakaian pelindung, untuk menjaga kedinginan, tersengat matahari dan melindungi dari kemungkinan tergores.
Þ Pelampung di permukaan, untuk digunakan sebagai tanda petunjuk area kegiatan atau membantu keterapungan peselam di permukaan air.

 

 

 

 

Pengetahuan Dasar Peralatan Snorkeling dan Diving

October 6, 2009 by langkahpetualang

Pengertian dasar snorkeling adalah suatu teknik menikmati pesona keindahan dasar laut dengan menggunakan perlatan dasar selam berupa snarkle, fin (kaki katak) dan mask (kacamata renang). Jenis penyelaman ini dilakukan pada plaut dangkal karena tidak menggunakan alat bantu pernafasan berupa tabung oksigen.

Diving adalah penyelaman dengan menggunakan perlatan selam lengkap berupa Fin, Mask, Tabung oksigen beserta regulator. Teknik selam ini dapat digunakan pada kedalaman tertentu dari permukaan dengan bantuan tabung pernafasan.

Pada prinsipnya peralatan selam di bagi dalam 2 kelompok :

1. Skin Dive atau dalam Buku Petunjuk 1 Star SCUBA Diver CMAS – Indonesia disebut : “Peralatan Selam Dasar”. Terdiri dari : Masker, Snorkler, Fin (kaki katak), boot (sepatu selam) dan Lifevest (pelampung)

2. SCUBA Gear / Peralatan SCUBA, yang meliputi : BCD (Bouyancy Compensator Divice), Tabung, Regulator, Pressure & Deep Gauge (alat mengetahu isi tabung selama penyelaman dan tingkat kedalaman), serta Weightbelet (pemberat).

Dari 2 pilihan diatas apakah harus kita miliki? jawabnya: ya jika budget memungkinkan, karena jika dihitung semua perlatan diving lengkap harganya sekitar 10 juta-an, bahkan bisa lebih kalau kita fanatik terhadap merek tertentu. Pada dasarnya untuk skin dive sebaiknya kita lengkapi sendiri karena sifatnya yang personel.

Snorkle atau alat bantu pernafasan. Untuk jenis alat ini wajib dipunyai sendiri untuk higienisaitas dari penggunaan. Cara pemakaian alat ini adalah dengan digigit pada mulut sehingga kita bisa bernafas melalui mulut.

Mask atau kacamata selam. Untuk anda yang memiliki mata normal bisa saja anda bergantiang pemakaiannya dengan orang lain dengan meminjam atau sewa. Sedangkan untuk anda yang bermata minus atau plus sebaiknya anda mempunyai sendiri karena kecenderungan perbedaan tingkat kepekaan mata. Model mask tertentu memungkinkan untuk penggantian lens sesuai dengan tingkat kepekaan mata anda.

Fin atau kaki katak. Jenis fin terdapat 2 model yaitu open whell dan close whell. Untuk jenis open whell mungkin anda bisa bergantian karena terdapat kaitan yang bisa diatur sesuai dengan ukuran kaki anda. Jenis ini lebih mahal dari close whell. Jenis close whell bisa diibaratkan sebuah sepatu jadi memiliki ukuran tertentu sesuai dengan ukuran kaki anda jadi sebaiknya anda mempunyai sendiri karena bersifat personal.

Untuk peralatan snorkle gear atau pun diving gear lainnya bisa anda miiki sebagai perlengkapan tambahan anda sesuai  dengan minat dan kebutuhan. Di indonesia untuk counter resmi bisa di acces di http://www.planetdiving.com dan http://www.oceanicindonesia.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SELAM DASAR / SCUBA DIVER

Peralatan Selam Dasar

1. Masker

2. Snorkel

3. Fins & boots

4. BCD (bouyency control device) / rompi apung

5. pakaian selam (wetsuit)

6. Sabuk pemberat / weight belt

7. Tabung / aqualung

8. Regulator

 

Peralatan tambahan :

1. Pengukur kedalaman (depth gauge)

2. Kompas

3. Pisau selam

4. Jam selam

5. Sarung tangan

6. Tas selam / Gear bag

 

Persyaratan Penyelam :

1. Badan sehat.

2. Telinga sehat

3. Tidak menderita epilepsi

4. Uji kesehatan Fisik :

a.  Test Spirometri    : Test volume paru-paru, kapsitas vital min 3000 cc, tidak boleh ada

hambatan pernafasan.

b. Test Kompressi    : Test calon penyelam untuk tahan tekanan udara manometer sampai 3

atmosfer dalam ruangan udara bertekanan tinggi (RUBT).

c. Test Toleransi Oksigen (TTO)  : Test calon penyelam harus tidak menunjukkan tanda- tanda keracunan oksigen murni (100 %) selama 30 menit

pada tekanan 1,8 ATA (60 psi).

 

5. Uji Kemampuan Ketrampilan di air :

a. Mampu berenang dengan baik sejauh 200 m (dapat berganti gaya)

b. Mampu berenang dibawah permukaan air sejauh 12 m.

c. Mampu mengapung dengan bantuan kaki dan tangan (water trappen) selama 5 menit.

d. Mampu tahan nafas dibawah permukaan air selama 30 detik.

e. Mampu mengambil benda seberat 2,5 kg pada kedalaman air 3 m.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PERALATAN SCUBA DIVING YANG PERLU SAYA MILIKI SEBELUM TRAINING

Peralatan Selam minimum yang sebaiknya dimiliki sebelum anda memulai pelatihan adalah Masker, Snorkel, dan Fins. Ini adalah peralatan yang memiliki sifat personal-fit, artinya kecocokan dengan anatomi tubuh anda. Sebagai contoh adalah sepatu anda belum tentu bisa dipakai oleh teman anda yang berbeda ukuran kaki. Instruktur anda akan dengan senang hati membantu anda untuk memilih mana peralatan selam yang cocok untuk anda.

Mask,Snorkel, and Fins

Anda tidak perlu memikirkan peralatan selam lainnya, kami akan menyediakan peralatan lainnya selama anda mengikuti pelatihan scuba diving tingkat pemula. Itu semua sudah termasuk dalam biaya training yang anda bayarkan. Namun tentunya akan lebih baik jika anda memiliki semua peralatan Scuba Diving sebelum training dimulai.

BAGAIMANA DENGAN WETSUIT / BAJU SELAM ?

Wetsuit adalah sejenis pakaian yang biasa digunakan untuk kegiatan watersport, misalnya jet ski, snorkeling, dan Scuba Diving. Wetsuit terbuat dari bahan neophrene yang memiliki banyak ronga-rongga udara. Wetsuit digunakan oleh penyelam sebagai pelindung kulit dari goresan-goresan karang juga sekaligus penjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Secara umum, diving tanpa wetsuit pun dimungkinkan, namun kami me-rekomendasikan student diver kami menggunakan wetsuit. Student diver kami disarankan untuk menggunakan wetsuit pada saat pelatihan, ada 2 pilihan yaitu membeli atau menyewa pada saat latihan.

WETSUIT

Bila memungkinkan, akan sangat baik jika di awal pelatihan anda sudah memiliki seluruh peralatan selam yang akan digunakan (kecuali Tank & Weight), karena anda akan merasa lebih nyaman dalam belajar menyelam apabila anda menggunakan peralatan selam yang anda pilih, yang pas dengan ukuran badan anda. Selain itu, memiliki peralatan selam merupakan bagian yang menyenangkan dari petualangan menyelam itu sendiri.

PERLU KAH MEMBELI TANKI SCUBA, WEIGHT + BELT ?

Tidak perlu, Tank Scuba tidak diperkenankan untuk dibawa kedalam pesawat terbang. Semua Dive Resort pasti menyertakan penyewaan tanki Scuba dalam setiap paket wisata diving yang ditawarkannya. Terkecuali jika anda memerlukan tanki scuba untuk keperluan menyelam di area anda atau keperluan lain seperti mengisi senapan angin, anda tidak perlu memiliki Tanki Scuba dan Weight sendiri.

BINGUNG MEMILIH PERALATAN SCUBA

Jangan kawatir mengenai rumitnya pemilihan alat selam, banyak dive shop menawarkan produknya kepada peselam-peselam baru, serta membuat bingung peselam baru untuk mencari alat yang baik. Perlu diingat bahwa, Tak satu pun alat dari mereka yang buruk, namun yang perlu kita fokuskan adalah mencari alat-alat selam yang cocok untuk kondisi anda, karena tidak semua produk diving akan cocok dengan kondisi badan, dan skill seorang peselam. Kami memiliki jaringan dengan dive-shop terpercaya di Indonesia, mereka akan dengan senang hati membantu anda memilih peralatan yang terbaik untuk anda.

KUALITAS PERALATAN SCUBA DIVING

Semua produk peralatan SCUBA DIVING telah didesain sebaik mungkin oleh pabrik, Baik atau Buruknya peralatan diving lebih bersifat kecocokan terhadap individu. Pilihlah produk yang cocok terhadap diri anda, produk yang baik menurut anda belum tentu cocok bagi orang lain. Kami memiliki affiliasi dengan beberapa diveshop terpercaya di Indonesia, hubungi kami untuk daftar penyedia peralatan selam yang berkualitas. Semua peralatan SCUBA DIVING bersifat FAIL-SAFE, artinya jika terjadi kegagalan sistem dari peralatan menyelam, pada saat training bersama kami nanti, anda akan mempelajari skill-skill untuk mengantisipasi kegagalan fungsi alat disaat menyelam. Inilah pentingnya pelatihan dengan standard yang berkualitas dalam belajar menyelam, tentunya semua ini bertujuan untuk menikmati olahraga selam dengan aman dan menyenangkan.

DIMANAKAH SAYA BISA MEMBELI PERALATAN SCUBA DIVING ?

Bersama kami, anda akan kami jadikan sebagai seorang diver yang istimewa, jika anda belajar menyelam bersama kami, maka kami akan memberikan anda sebuah kartu yang bernama “Diver Priviledge Card” yang berguna sebagai kartu discount untuk membeli peralatan selam di dive shop ber-reputasi di Indonesia. Cukup tunjukan kartu tersebut kepada jaringan mitra kami, maka anda akan mendapatkan discount untuk setiap pembelian peralatan scuba diving dari mitra kami. Silahkan klik link diatas untuk detail jaringan mitra penyedia peralatan selam.

AWAS JANGAN TERKECOH DENGAN HARGA MURAH

Scuba Diving adalah aktifitas yang mengandalkan kehandalan peralatan, kualitas peralatan yang tidak dapat dipertanggung jawabkan dapat memperbesar resiko dalam melakukan aktifitas Scuba Diving. Berhati-hatilah dengan produk-produk dengan harga murah. Selalu bersikap curiga jika mendapatkan sebuah penawaran dengan harga yang murah. Pilihlah Dive Store yang memiliki reputasi baik, memiliki banyak afiliasi, dan memiliki banyak customer.

Seluruh peralatan Scuba Diving adalah baik kualitasnya

Yang terpenting adalah, memilih peralatan mana yang cocok untuk saya

Be a smart consumer dalam membeli barang / jasa Scuba Diving anda

Harga murah bisa jadi ada sesuatu dibaliknya, Kenapa bisa murah ?

Secara logika, mana ada pedagang yang mau rugi ? Ada harga ada kualitas

Murah bisa jadi, barang refurbish (bekas tapi baru), scrap (produk gagal), dll

Belanjalah pada Toko yang memiliki reputasi baik bukan asal murah …

PENTING

Sangat disarankan untuk memiliki Peralatan dasar Scuba Diving seperti Mask, Fins, Booties, Snorkel, dan Wetsuit sebelum anda mengikuti diving course / dive training anda di Bali. Tentunya akan jauh lebih baik jika anda sudah memiliki Full-set Scuba equipment anda sendiri